top of page
  • Writer's pictureprestasiglobalid

6 Cara yang Baik untuk Orangtua Saat Menjelaskan Covid – 19 Kepada Anak

Memang tidak mudah beradaptasi dengan keadaan yang datang secara tiba – tiba. Seperti saat ini virus Corona datang menyerang dan terpaksa semua lini kena imbasnya. Saat virus Corona masuk ke Indonesia pertama kali, langkah langkah strategis segera diterapkan oleh pemerintah untuk mencegah persebaran virus tersebut. Salah satu kebijakan yang dilakukan hingga saat ini adalah menghentikan proses belajar mengajar di sekolah dan menggantikannya dengan sistem belajar online di rumah. Anak anak yang belum memiliki kemampuan nalar sebaik orang dewasa tentu bingung akan hal tersebut. Khususnya anak anak yang masih duduk di bangku sd tentunya kurang paham dengan situasi yang terjadi pada mereka.


Memberikan pemahaman secara tepat dan sederhana sangat berguna bagi anak – anak, karena virus Corona yang sudah menjadi pandemi ini rentan menyerang anak – anak. Pengetahuan anak tentang bahaya Corona dapat membantu mereka agar tidak ikut terkena imbas dari virus tersebut. Disinilah peran orangtua sangat dibutuhkan. Menjelaskan tentang virus Corona kepada anak kecil harus dibuat sejelas mungkin. Tujuannya agar anak tidak takut dan juga tidak panik saat mengetahuinya. Para ahli meyakini bahwa dengan menjelaskan virus Corona kepada anak, dapat membuat anak lebih berhati – hati dan bisa melindungi diri dengan baik. Buat anda yang memiliki menjelaskan virus Corona kepada si buah hati, berikut 6 tips mudah menjelaskan Corona untuk anak anak.

  1. Tanyakan Kepada Anak Pengetahuan Mereka Tentang Corona Anak anak biasanya tidak mudah memperhatikan penjelasan orangtua mereka. Salah satu cara agar anak mau mendengarkan adalah dengan membuat mereka tertarik terlebih dahulu. Walaupun tidak ditanggapi dengan serius, anak pasti sesekali menaruh perhatian terhadap Corona. Rasa ingin tahu mereka sebenarnya tinggi terhadap virus Corona tersebut. Oleh karena orang tua perlu membagikan pemahaman mereka kepada anak. Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah menanyakan kepada anak terlebih dahulu pemahaman mereka tentang virus Corona. Apa yang mereka dengan dari teman – teman mereka, apa yang mereka tangkap dari televisi tentang Corona dan yang lainnya. Dengan menanyakan hal tersebut maka anda akan mendapatkan gambaran sejauh mana pengetahuan anak tentang virus Corona tersebut. Selain itu anda juga akan tahu apakah informasi yang diketahui oleh si buah hati tepat atau keliru. Jika informasi yang diperoleh anak merupakan informasi yang keliru, maka anda harus meluruskannya dengan benar agar si anak tidak kebingungan dan tidak bertindak secara salah. Anak di atas umur 10 tahun biasanya sudah memiliki pemahaman sendiri tentang virus Corona. Oleh karena itu jangan sampai anak memiliki pemahaman yang salah tentang Corona. Lebih baik segera membekali anak dengan informasi akurat tentang Corona serta cara pencegahannya yang baik. Semakin cepat anak memahami pentingnya mewaspadai Corona maka akan semakin baik.

  2. Cari Referensi Akurat Tentang Virus Corona Sebelum anda menjelaskan kepada anak tentang bahaya virus Corona dan cara untuk mencegahnya, maka anda juga perlu terlebih dahulu agar membekali diri dengan informasi yang akurat tentang Corona. Perbanyak membaca referensi dari sumber – sumber terpercaya, agar anda mampu menerapkan langkah – langkah yang diperlukan. Virus Covid – 19 tersebut merupakan hal baru yang terjadi di dunia, oleh karena itu cukup sulit menemukan cara penanganan yang paling efektif. Saat ini informasi tentang cara mencegah virus Corona juga masih simpang siur. Jika anda salah menangkap informasi atau menyerap informasi yang keliru, hal ini tentunya bisa berdampak buruk di kemudian hari.

1 view0 comments
bottom of page