top of page
  • Writer's pictureprestasiglobalid

Inilah dia 6 Tips Jitu Agar Belajar Dirumah Menjadi Menyenangkan

Rumah sejatinya adalah sebuah tempat yang digunakan untuk beristirahat, bermain bersama keluarga serta bersosialisasi dengan para tetangga. Untuk itu, tidak mengherankan jika menjadikan rumah sebagai ruang belajar selama masa pandemi Covid-19 tentu sangat menantang bagi sejumlah keluarga. Belajar di rumah sebenarnya tidak hanya dianjurkan untuk para mahasiswa, namun juga pelajar yang telah diminta untuk belajar di rumahnya masing-masing. Pada masa pandemi Covid-19, sekolah maupun perguruan tinggi sudah menerapkan pembelajaran dari jarak jauh ataupun secara online. Nah, berbagai tugas pun diberikan secara online dengan memanfaatkan beragam aplikasi yang telah tersedia.


Meskipun begitu, aktivitas belajar di rumah tidak sepenuhnya mudah dilakukan, apalagi untuk mengajak sang anak agar lebih fokus belajar. Belajar dirumah memang penuh tantangan, seperti anak-anak yang mudah tergoda untuk rebahan, bermain game, menonton televisi serta lainnya. Perlu diketahui, menciptakan fokus belajar pada anak sebenarnya tidak harus dengan menyediakan ruang belajar khusus bagi sang anak. Namun, para orang tua juga bisa memanfaatkan ruang manapun di dalam rumah untuk dijadikan sebagai tempat belajar.


Pada dasarnya ada sejumlah manfaat yang akan anak-anak peroleh saat memiliki ruang belajar kondusif, seperti anak menjadi lebih fokus belajar, dapat membangun kebiasaan sang anak untuk belajar secara mandiri, serta sang anak mempunyai ruangan sendiri untuk berkreasi. Berbicara mengenai ruang belajar di rumah, Devi Sani yang merupakan psikologi anak juga mengatakan bagi anak-anak yang akan menjalani ulangan hingga ujian sekolah, maka harus disediakan ruang belajar di rumah agar nantinya mereka lebih paham mengenai cara belajar dirumah yang efektif.


Kegiatan belajar dan ujian yang saat ini di lakukan di rumah memang perlu dipersiapkan dengan baik. sehingga anak-anak tidak akan belajar sambil rebahan di kasur ataupun menonton televisi yang nantinya membuat fokus belajarnya menjadi terganggu. Untuk menjaga agar anak-anak lebih fokus belajar maka Anda harus bisa menciptakan suasana belajar di rumah yang tetap menyenangkan. Oleh karena itu, berikut ini akan diulas beberapa tips belajar dirumah yang menyenangkan dan tentunya bisa orangtua terapkan.

  1. Menyediakan Tempat Yang Nyaman Untuk Belajar Belajar sambil rebahan di kasur menjadi hal yang paling sering dilakukan oleh para pelajar maupun mahasiswa. Rebahan di kasur memang sangat nyaman, namun bukan nyaman untuk fokus belajar melainkan nyaman untuk beristirahat. Pada dasarnya belajar sambil rebahan di kasur tidak hanya membuat konsentrasi menjadi buyar, namun juga membuat badan menjadi pegal. Bahkan, terkadang ada juga orang-orang yang memang ingin lebih fokus belajar malah tertidur saat belajar sambil rebahan. Oleh karena itu memilih tempat belajar menjadi hal yang sangat penting Anda perhatikan. Usahakan saat Anda memilih tempat belajar diputuskan bersama dengan anak, baik itu lokasi, tempat duduk hingga meja belajarnya. Selain itu, pastikan Anda memilih tempat duduk yang mempunyai sandaran dan busa sehingga sang anak nyaman saat mendudukinya. Untuk pemilihan meja belajarnya bisa Anda pilih yang posisinya tidak terlalu rendah maupun tinggi dibandingkan posisi duduk sang anak. Perlu diingat, jika sang Anda ingin belajar di ruang keluarga dengan televisi, pastikan Anda terlebih dahulu mematikan televisi selama proses belajar. Hal ini penting dipertimbangkan guna membantu sang anak agar lebih fokus saat belajar. Tidak hanya itu saja, sebaiknya Anda tidak memilih ruang rumah yang berisik ataupun banyak dilalui oleh anggota keluarga.

0 views0 comments
bottom of page