top of page
  • Writer's pictureprestasiglobalid

Pelajari 10 Cara Seru Ini Dalam Mengenalkan Angka Pada Anak

Mengenalkan angka pada anak tidak harus selalu dilakukan dengan cara yang membosankan. Anak-anak akan jauh lebih antusias belajar angka jika Anda mengajarinya melalui permainan dengan cara yang lebih menyenangkan. Perlu diketahui, otak anak saat berusia 2 sampai 5 tahun bisa menyerap lebih banyak hal yang diajarkan. Oleh karena itu, para orangtua maupun pengasuh anak di rumah harus lebih kreatif membuat permainan yang seru bagi anak, terutama saat mengenalkan urutan angka kepadanya. Apabila Anda ingin mengenalkan angka pada sang anak, cobalah cara mengenalkan angka yang lebih seru agar anak tersebut bisa mengetahui urutan setiap angkanya. Ingatlah, untuk membuat suasana yang menyenangkan dan seru agar tidak membuat anak tersebut menjadi terbebani saat belajar mengenai angka.


Berbicara mengenai angka, pakar pendidikan anak usia dini dan profesor dari University of Pennsylvania, Amerika Serikat yaitu Susan A. Miller ED.D., juga mengatakan jika mengajarkan konsep pra matematika dapat menstimulasikan anak-anak untuk berpikir lebih logis dan sistematis sejak dini, melalui pengamatan terhadap benda maupun gambar yang ada disekitarnya. Selain itu, mengenalkan angka, juga menjadi modal terbaik bagi anak-anak saat memasuki jenjang pendidikan. Lebih jelasnya, berikut beberapa cara mengenalkan angka untuk anak tk yang bisa Anda terapkan, yaitu:

  1. Menyanyikan Lagu Tentang Angka Menyanyikan lagu tentang angka merupakan salah satu metode paling efektif untuk mengenalkan angka kepada sang anak. Melalui nyanyian, sang anak akan lebih mudah belajar mengenal konsep angka. Untuk itulah, Anda bisa mengajak balita bernyanyi bersama dengan pilihan lagu yang bertemakan angka, seperti lagu Satu-satu Aku Sayang Ibu. Melalui lagu ini tentunya anak-anak bisa mengenal bilangan dan urutannya. Selain lagu tersebut, Anda juga bisa memilih lagu Dua Mata Saya, melalui lagu ini sang anak tidak hanya bisa mengenal angka, namun juga bisa mengetahui konsep jumlah. Perlu diingat, saat Anda memilih lagu untuk dinyanyikan oleh sang anak, sebaiknya Anda memilih lagu yang irama musik dan liriknya mudah dihafal onel anak-anak.

  2. Memancing Ikan Kertas Para orangtua bisa membuat sendiri kolam-kolaman berukuran kecil dari kotak bekas sepatu ataupun kotak lainnya. Setelahnya Anda bisa mengisi kotak tersebut dengan potongan kertas berwarna pink atau biru, alat pancing serta beberapa ekor ikan. Ikan ini tentunya bukan ikan asli, melainkan ikan yang akan Anda gambarkan pada karton ataupun lembaran busa berwarna-warni. Apabila Anda sudah membentuk ikan dari kertas tersebut, maka Anda bisa langsung mengguntingnya. Pada bagian kertas berbentuk ikan tersebut, Anda bisa menulis angka 1 sampai 6 di setiap badan ikan yang diselipkan dengan klip kertas. Selanjutnya, Anda bisa meletakkan ikan-ikan tersebut di dalam kolam buatan lalu menyiapkan alat pancing yang ujung satunya terbuat dari seutas tali yang diikat dengan tusuk sate dan satu ujungnya lagi terdapat magnet kecil. Jangan lupa untuk menyiapkan dadu, sebab nantinya dadu tersebut akan berguna saat anak memancing ikan kertas. Mintalah anak untuk melempar dadu terlebih dahulu sebelum memancing ikan, setelahnya anak tersebut bisa memancing ikan yang memiliki angka yang sesuai dengan jumlah mata dadu yang ditunjukkan.

  3. Berburu Angka Belajar menghitung angka bagi anak tentu bisa dilakukan dengan sejumlah permainan seru, salah satunya berburu angka. Permainan berburu angka ini sebenarnya memiliki metode yang sama seperti permainan berburu harta karun.

1 view0 comments
bottom of page